Jurnal Publikasi STMIK Pontianak

Pengembangan Electronic Mall Sebagai Sarana Bagi Customer dan Merchant Untuk Bertransaksi


Abstracts: Pemanfaatan internet merupakan salah satu strategi bagi perusahaan terutama yang bergerak dibidang penjualan dalam melayani para konsumennya dengan harapan dapat memperluas jangkauan penjualan. Bagi para konsumen adanya perusahaan yang memasarkan barangnya pada media internet sangat membantu dalam mendapatkan informasi barang. Perkembangan sebuah pusat perbelanjaan memberikan dampak seperti menyebabkan masyarakat semakin gemar berbelanja dan menjadikan berbelanja sebagai gaya hidup. Meskipun masyarakat sibuk dengan pekerjaannya, mereka tetap akan meluangkan waktu untuk berbelanja, sehingga sering kali pekerjaan menjadi tidak terurus bahkan terkadang keluarga juga ikut terabaikan. Dengan padatnya rutinitas kehidupan, maka akan muncul kendala waktu yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dalam hal berbelanja.
Penggunaan e-mall merupakan salah satu sarana yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang didukung perkembangan teknologi yang semakin maju, lingkungan bermasyarakat yang semakin modern serta tuntutan masyarakat terhadap kemudahan dan efisiensi dalam pemenuhan kebutuhan mereka yang semakin tinggi. Bentuk penelitian berbentuk studi kasus dengan variabel tunggal yaitu pengembangan electronic mall berbasis web sebagai sarana bagi customer dan merchant untuk bertransaksi. metode perancangan menggunakan RAD (Rapid Application Development) yang merupakan sebuah strategi pengembangan sistem yang menekankan kecepatan melalui keterlibatan user.
Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem Electronic Mall (E-Mall) yang memberikan manfaat bagi para konsumen yang ingin mendapatkan informasi produk dan berbelanja layaknya sebuah mall pada dunia nyata. Untuk mendapatkan barang, konsumen tinggal memilih barang dan memesannya dengan cara memasukkan ke dalam keranjang belanja. Pemilik toko dapat memasarkan produk mereka dengan menjadi member terlebih dahulu dan melayani konsumen yang memesan barang. Metode pembayaran yang dapat konsumen pilih adalah dengan menggunakan transfer bank, paypal dan kartu kredit.

 

Keyword: Pengembangan, e-mall, customer, merchant, RAD


Jurnal Publikasi STMIK Pontianak By GAT
DOWNLOAD PDF