Jurnal Publikasi STMIK Pontianak

PERANCANGAN GAME EDUKASI AGAMA KATOLIK DENGAN METODE FINITE STATE MACHINE


Abstract:

Pengetahuan beragama Katolik sangatlah penting karena menjadi sebuah sarana dalam menjadi manusia yang beriman, toleransi, memahami ajaran cinta kasih, bermoral, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain memperdalam materi agama Katolik lewat retret, sekolah minggu, dan lain-lain, pembelajaran juga dapat dilakukan dengan game. Game edukasi dirancang sebagai sarana pendidikan dengan menyisipkan materi pembelajaran untuk mengajarkan user suatu pembelajaran, pemahaman dan untuk melatih kemampuan pengguna yang memainkannya. Metode perancangan menggunakan metode Finite State Machine. metode pengembangan menggunakan metode pengembangan Game Development Life Cycle. Teknik permodelan menggunakan UML (Unified Modeling Language). Game menggunakan bahasa pemrograman Construct 2. Pengujian menggunakan uji kelayakan, untuk mendapatkan masukkan secara publik maka game ini akan direview oleh 15 responden. Instrument untuk membagikan kuisioner akan dibagikan dengan google forms. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perancangan game edukasi pendidikan agama Katolik sudah dapat menghasilkan output yang diharapkan yaitu memberikan fitur tingkat difficulty easy dan normal, animasi, game kuis pertanyaan, dan menyusun doa yang dapat dijalankan pada PC (personal computer).

Kata Kunci :Game Edukasi, Finite State Machine, Agama Katolik, Game Development Life Cycle.


Jurnal Publikasi STMIK Pontianak By Brigytta Quinny Novitri, Handy Kusuma, Ponti Harianto
DOWNLOAD PDF