Jurnal Publikasi STMIK Pontianak

PENGEMBANGAN GAME SURVIVAL RPG “CITY OF NARNIA” BERBASIS UNITY 3D


Abstrak:

Kebanyakan game dengan genre RPG sekarang kurang menyajikan fitur-fitur penting yang seharusnya ada pada game itu sendiri terutama dari segi gemplay mechanic dan dari segi story telling, terkadang developer tidak menggerti apa fitur ataupun alur cerita yang pemain inginkan sehingga banyak game RPG yang terasa membosankan dan repetitive. Oleh karenanya penelitian ini mengembangkan game dengan genre RPG dan mengimplementasikan fitur Branching Dialog untuk memberikan kesan unik pada pemain dari segi story-telling dimana pemain dapat mengubah alur cerita yang dimiliki game dengan tujuan memberikan gameplay yang menarik dan tidak repetitive. Metode perancangan game yang digunakan adalah metode Game Development Life Cycle (GDLC). Pembuatan game bergenre RPG ini dibangun menggunakan Unity 3D. Hasil penelitian berupa sebuah game RPG berjudul City Of Narnia yang menghadirkan fitur branching dialog, non-linear gameplay, serta fitur-fitur umum pada game bergenre RPG. Secara keseluruhan game City Of Narnia dapat memberikan pemain pilihan berbeda pada segi penyelesaian alur cerita, serta memberikan pemain banyak kebebasaan pada gameplay dari game baik pada segi story telling atau gameplay-mechanic.

Kata Kunci : Unity 3D, RPG, Branching Dialog, GDLC,Story-Telling.


Jurnal Publikasi STMIK Pontianak By Gusti Syarifudin, Ares Yudha Pasca Irawan, Muhammad Aldwin Reyhan Ghiffary
DOWNLOAD PDF